Jumat, 12 Desember 2008

Balado ikan kecik

Kalau yang satu ini asli bikinan suami. Jadi, critanya hari itu aku malas masak. Walaupun nggak tiap hari, biasanya aku masak abis pulang kantor. Mau beli di luar juga bingung, paling gitu-gitu juga. Akhirnya, suami bertindak. Kata dia, "Tenang say, aku masakin malam ini. Kamu tinggal makan aja". He he, duh jadi tersanjung. Beneran deh, dia keluarin isi kulkas dan main uleg-ulegan bumbu. Kesukaannya memang ikan, pas di kulkas ada ikan tawar kecil. Kepikiran dimasak balado. Kata dia, namanya balado ikan kecik--kecik artinya kecil (Sumatra). Untuk temannya, ada bobor bayam udang (Jawa). Kalau untuk yang ini, terpaksa saya turun tangan juga. Jadi, malam itu perkawinan anatara masakan Sumatra n Jawa..
Bahan:
150 g ikan tawar kecil
4 buah kentang, potong dadu
250 g tempe, potong dadu
Minyak goreng secukupnya
Bumbu, gerus kasar:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
10 buah cabai merah
Bumbu lain:
1 batang bawang daun, iris
1 buah tomat, potong dadu
Garam secukupnya
Cara membuat:
1. Goreng sebentar secara bergantian ikan, kentang, dan tempe.
2. Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bumbu hingga harum (tidak sampai kering), masukkan ikan, kentang, dan tempe. Aduk-aduk hingga rata sekitar 3 menit. Angkat.

4 komentar:

Indonesia Eats mengatakan...

aku lagi masak bayam nehh mbak.. bagi dunkk itu si balado kecik

Anonim mengatakan...

ikan kecik2 tuh apa = ikan wader (Jawa)?? Kalo di Depok belinya dimana mbak? Pengen nih...

Unknown mengatakan...

salam kenal mbag,.. mantab nih resepnya :D

danzschultz mengatakan...

sepertinya enak bener tuch
entar aq coba dech resepnya
thankz ya resepnya