Rabu, 12 November 2008

Nasi goreng sehat

Nasi goreng. Makanan satu ini pastinya udah kental banget sama lidah orang Indonesia. Kalau ingat masa kecil dulu, ortu suka nyiapin makanan ini sebelum pergi ke sekolah. Dasar lidah dalam negeri, walaupun rasa nasi goreng udah ‘membumi’ dari kecil, tapi tetap makanan ini kayaknya tak pernah lekang sama waktu.
Kayak hari Kamis kemarin, aku dan suami lagi ingin menikmati nasi goreng. Tapi, nasi goreng ini kami modif. Tahu sendiri, makanan ini full sama sumber karbohidrat, yaitu nasi. Makanya agar kandungan gizinya seimbang, saya tambahkan beragam sayur dan sumber protein. Sengaja kami tak memilih ayam negeri untuk proteinnya. Alasannya lebih karena usaha kami untuk hidup sehat. Suntikan hormon membuat kami menghindarinya. Dan, baunya itu loh membuat suami lebih-lebih nggak suka. Lain cerita kalo ayamnya kampung, itu kami gak akan menolak hehe… Ini loh nasi goreng sehatnya, monggo dicicipi.


Nasi goreng sehat
Bahan:
5 centong nasi
150 g udang kecil
2 butir telur, orak-arik
1 buah sedang wortel, potong dadu, rebus
100 g buncis, potong kecil/kacang polong
100 g jagung manis, sisir
2 sdm minyak sayur

Bumbu:

5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 sdm bawang bombay, cincang
1 batang daun bawang, iris
8 buah cabai merah
4 buah cabai rawit
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan bumbu, kecuali daun bawang. Tumis semua bumbu hingga harum, masukkan sayur dan udang. Jika kering, bisa ditambah 100 ml air rebusan wortel. Masak hingga matang.
2. Tambahkan telur dan garam, aduk hingga rata. Masukkan nasi, masak hingga semua bahan matang. Angkat.

Tip sehat:
Untuk sayur, bisa diganti dengan jenis lain, seperti brokoli, kol, caisim, kapri, paprika, tauge dll.



1 komentar:

pupuk organik mengatakan...

http://pupuk-bioorganik.blogspot.com/
pupuk organik : petani di klaten Kecamatan Ceper, membuktikan dgn pupuk organik dpt menyelamatkan padi dr serangan wereng.
Kunjungi Website : http://pupuk-bioorganik.blogspot.com/