Minggu, 02 November 2008

Masakan Rumahan Praktis plus Sehat

Menu hari ini tidak khusus dirancang. Setelah cukup lama melihat-lihat isi gerobak abang tukang sayur, akhirnya saya memilih bandeng, daun kemangi, tahu putih, dan labu. Terpikir hari ini mau buat pindang bandeng dan tumis labu dadu tahu. Very SIMPLE, but DELICIOUS and so HEALTHY!

Tadinya sebelum masak, gak ada pikiran untuk diposting sih. Tapi, entah karena lagi keranjingan ngeblog dan ingin berbagi masakan sehat, pikiran untuk memosting terlintas begitu saja. Tanpa ba-bi-bu, saya minta suami untuk ambil foto kreasi masakan ini. Karena suami juga keranjingan motret, ia pun dengan senang hati menerima ajakan saya. Ini neh hasilnya… resep beserta fotonya. Semoga bermanfaat.



Pindang Bandeng

Bahan:
2 ekor bandeng, potong 3 bagian
1 ikat daun kemangi, petiki
1 buah tomat hijau, potong dadu
2 sdm minyak sayur
300 ml air
Bumbu:
3 siung bawang putih, cincang
4 butir bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris
2 cm kunyit, memarkan
1 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
6 buah cabai merah, iris
Gula merah secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Campur bandeng dengan 1 sdt garam dan 1 sdt air jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, putih, dan daun bawang hingga harum. Masukkan bumbu lainnya, masak hingga layu.
3. Tambahkan bandeng, masak sebentar hingga berubah warna. Tambahkan air, masak hingga matang.
4. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan daun kemangi dan tomat. Angkat.

Tip sehat:
1. Bandeng merupakan sumber protein yang baik untuk menggantikan sel yang rusak. Baik juga untuk putra-putri di rumah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya.
2. Untuk membuat masakan yang lezat, tak perlu ditambah MSG. Bumbu yang Anda tambahkan sudah mengandung penyedap rasa alami. Perpaduan garam dan gula juga menghasilkan masakan menjadi lezat.

6 komentar:

Budi Sutomo, S.Pd mengatakan...

mau dong cobain....

pupuk organik mengatakan...

http://pupuk-bioorganik.blogspot.com/
pupuk organik, Kesuburan berkurang krn pemakaian pupuk kimia, beralihlah ke pupuk organik , dgn pemakaian yg bijaksana & sesuai kebutuhan, gunakan pupuk organik, selamatkan bumi tanah air.
Kunjungi Website : http://pupuk-bioorganik.blogspot.com/

ryan wijaya mengatakan...

wah masakan rumah emang favorit,
boleh donk di share resep2 nya di
http://www.masakanrumah.com

Masakan Sehat mengatakan...

Yang mau masakan sehat mestinya juga pakai bumbu yang sehat non MSG.
Bisa beli di tempat saya nih.
Bumbu Sehat

Neni Ratna PNFI mengatakan...

BOLEH JUGA YA DICOBA RESEPNYA.....

Resep Koki mengatakan...

Saya belum pernah masak bandeng sebelumnya.

Resep ini masuk dalam list nih! :)

Ty.