Minggu, 30 November 2008

Makanan Tim untuk si 9 Bulan

Dear Ibu & Ayah...

Jika di antara ibu dan ayah ada yang memiliki bayi menjelang usia 9 bulan, kini saatnya si kecil diberi makanan tim. Makanan tim merupakan makanan bertekstur padat dengan kepadatan mendekati kepadatan makanan orang dewasa, tetapi tetap empuk. Makanan ini bisa diolah dengan cara direbus dan dikukus. Untuk menambah variasi cita rasa, dapat pula diolah dengan dioven atau dimasak menggunakan microwave. Dalam pembuatan makanan ini, tidak ada lagi tahapan menghaluskan dengan diblender atau disaring seperti dalam bubur saring.

Mulai usia 9 bulan, perkembangan fungsi organ pencernaan bayi dan kemampuan mengunyah semakin sempurna. Gigi juga mulai tumbuh. Makanan tim memenuhi kebutuhan tersebut, yaitu makanan yang lebih rumit daripada bubur saring dan telah mengandung zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan tentunya cairan. Ini ada 2 makanan tim hasil uji dapur kami yang telah memenuhi kebutuhan gizi bayi 9 bulan ke atas.



TIM KENTANG KAKAP KACANG TOLO

Kentang, potong dadu kecil 50 g
Fillet ikan kakap, cincang halus 15 g
Kacang tolo, rendam 1 jam, blender kasar dengan 50 ml air 10 g
Taoge, siangi 20 g
Tomat, buang biji, potong dadu kecil 20 g
Minyak zaitun extra virgin 1 sdt
Daun salam 1 lbr
Daun bawang ½ batang

1. Rebus kentang, ikan kakap, kacang tolo, dan daun salam dengan 300 ml air mendidih hingga matang.
2. Masukkan taoge, tomat, dan daun bawang, lalu masak hingga empuk. Angkat. Tambahkan minyak zaitun, aduk rata. Sisihkan daun salam.
3. Tempatkan ke mangkuk saji dan segera berikan ke bayi dalam keadaan hangat.

Tip sehat:
Pilih tomat yang matang penuh untuk meminimalkan rasa asam.



1 komentar:

RasyClodi OL Shop mengatakan...

Bu, anak saya usia 9 bulan 2 hari, baru tadi dicoba kasih tim pake havermut wortel kembang kol sama remasan kuning telur, dia gak mau. mungkin karena tekstrnya kasar. gimana solusinya ya bu?/